Senin, 08 September 2014

Logaritma (part 1)

Apa itu Logaritma? Makhluk apakah dia?

Tentunya banyak yang bertanya-tanya, apakah itu Logaritma? makhluk apakah dia? seperti apa bentuknya? cantik atau ganteng? baik atau jahat? Hmm.. rasa-rasanya ini adalah pertanyaan yang semakin menjauhkan dari pengertian terhadap logaritma itu sendiri. Hehe.. 

Baiklah, mari kita mulai bersama-sama membahas apa itu Logaritma.

Mengutip dari wikipedia indonesia, Logaritma adalah operasi matematika kebalikan dari eksponen atau pemangkatan. Seperti halnya pengurangan, adalah kebalikan dari penambahan, pembagian adalah kebalikan dari perkalian. Singkatnya, logaritma merupakan kebalikan dari pemangkatan. Apabila kita mengutip dari Prof. Yohannes Surya tentang logaritma, atau sering disebut Log, merupakan nilai dari pangkat 10, atau Prof. Yo bilang "Log itu adalah, 10 pangkat berapa yang hasilnya sekian".
"Log itu adalah, 10 pangkat berapa yang hasilnya sekian"
Sebagai contoh, apabila ada soal berikut :
Log 10 ~ artinya, 10 pangkat berapa yang hasilnya 10, berarti jawabannya adalah 1.
Log 100 ~ artinya, 10 pangkat berapa yang hasilnya 100, berarti jawabannya adalah 2.
Log 1000 ~ artinya, 10 pangkat berapa yang hasilnya 1000, berarti jawabannya adalah 3.
begitu seterusnya,,

Apabila ada contoh soal seperti dibawah : 
Log 1 ~ artinya, 10 pangkat berapa yang hasilnya 1, maka jawabannya adalah 0 (karena setiap bilangan apabila dipangkatkan dengan 0, maka hasilnya 10
Log 0,1 ~ artinya, 10 pangkat berapa yang hasilnya 0,1, maka jawabannya adalah -1 (karena 0,1 = 1/10, sehingga nilai pangka dari 0,1 = 10e-1 atau 10 pangkat minus 1)

Logaritma merupakan bab pertama dari pelajaran matematika untuk SMA/SMK pada kelas X. Sehingga, siswa diharapkan mempunyai pemahaman yang kuat sebelum menemukan soal yang lebih rumit yang memerlukan pemahaman konsep. 

Untuk semakin menguatkan pemahaman kalian mengenai konsep dasar dari logaritma, berikut beberapa video pembelajaran dari youtube yang bisa dijadikan referensi untuk mempelajari Log : 

1. Patrick JMT 


2. Learn Math Tutorial



3. Khan Academy



Pembahasan lebih lanjut mengenai Log, akan dibahas pada part 2, yang berisi mengenai sifat-sifat dasar dari Log. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar